Artikel Kategori

Rangkaian Acara Hari Jadi RSPG Ke 90 Tahun

Posted in Berita on Nov 19, 2018

Pada tanggal 15 November adalah tanggal berdirinya RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua – Bogor yang berawal dari Zending School kemudian pada tanggal 15 November 1938 menjadi Sanatorium vor Lunlojders dan diletakan batu pertama yang sekarang masih dirawat sebagai peninggalan sejarah awal dari RSPG.

Tak terasa kini, tanggal 15 November 2018, RSPG genap 90 tahun. Dengan banyaknya erubahan, prestasi, peningkatan mutu, kualitas pelayanan RSPG terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan RSPG maupun masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2018 ini, RSPG mengadakan rangkaian hari jadi sebagai berikut :

  1. Lomba Ruang Berhias

Lomba ruang berhias ini merupakan salah satu wujud RSPG mendukung Program Kantor Berhias Kementerian Kesehatan RI, dimana setia ruangan di RSPG dihias dengan mengimplementasikan 5R serta tema HUT RSPG. Kreatifitas setiap ruangan sangat terlihat dengan banyaknya cara menghias dan dekorasi yang mempercantik ruangan.

  1. Pemeriksaan Kolesterol Gratis untuk pelanggan RSPG,

Pemeriksaan Kolesterol Gratis ini merupakan salah satu wujud apresiasi RSPG terhadap pelanggan RSPG yang mempercayakan dan menghunakan pelayanan RSPG. Kurang lebih 200 pelanggan RSPG turut serta, dan tim medis RSPG berperan aktif dalam memberikan konsultasi lanjutan jika hasil pemeriksaan kurang baik. Selanjutnya pelanggan RSPG-pun dapat berfoto di photo booth yang telah disiapkan oleh panitia.

  1. Lomba Jalan Sehat

Lomba jalan sehat ini diikuti oleh pegawai RSPG dibagi per group dengan kekompakan dan semangat, kerapihan barisan serta kreatifitas atribut maupun yel – yel. Karena RSPG berada di daerah pegunungan, diperjalanan rute jalan sehat, peserta loba dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sehat.

  1. Edukasi Kesehatan Paru

Edukasi Kesehatan Paru ini diadakan di SMKN 1 Cisarua – Puncak, edukasi ini menargetkan para siswa siswi yang beranjak remaja untuk menjaga kesehatan paru. Acara meriah dan sisiwa siswi SMKN 1 Cisarua yang berjumlah 417 orang sangat antusias mendengar edukasi tentang penyakit TB-Paru, penyakit TB-HIV, Bahaya merokok yang dibawakan oleh dokter spesialis paru RSPG serta Cara cuci tangan yang baik dan benar, Etika batuk dan bersin oleh Tim PPI RSPG dan sosiliasasi pemeriksaan anti narkoba oleh Tim Pemasaran RSPG.

  1. Edukasi Program Pengendalian Resistensi Antimikroba

Dalam Pekan peduli antibiotik Edukasi PPRA ini juga merupakan rangkaian acara yang dilakukan di ruang tunggu instalasi farmasi, dimana para pelanggan RSPG dapat menunggu pengambilan obat sambil mendengarkan informasi seputar penggunaan antibiotik, yang disampaikan oleh dokter spesialis Mikrobilogi Klinik beserta Tim PPRA RSPG.

 

Pada tanggal 16 November 2018, siang harinya diadakan doa bersama dan lanjutan acara puncak Hari Jadi RSPG ke – 90 tahun di Gedung Wijaya Kusuma RSPG. Pada puncak acara, dihadiri oleh DEWAS RSPG, Para tamu undangan, Direktur Utama RSPG , direksi RSPG, pejabat struktural  serta seluruh pegawai RSPG. Dibuka oleh sambutan Direktur Utama RSPG (dr.Wuwuh Utami Ningtyas,M.Kes), sambutan DEWAS RSPG yang diwakili oleh (Drs. Seto Utarko,MSi ) , laporan Ketua Panitia (Roro Rokaidah S.Kep), pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa bersama serta pemotongan tumpeng secara simbolik yang diserahkan kepada dr. Boedhi Sadjarwa AM,DSP yang merupakan direktur utama RSPG tahun 1990 – 2000.   

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba – lomba serta penampilan seni tari dan penampilan dari komite medik RSPG. Acara semakin seru ketika tiba pembagian doorprise, dengan sepeda -  sepeda sebagai hadiah utama dan hadiah lainnya tidak kalah menariknya.

Rangkaian acara demi acara telah dilewati, semoga RSPG dapat terus maju dan semakin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta para pegawai RSPG dapat terus mempertahankan rasa kekeluargaan dan rasa cinta terhadap RSPG Cisarua – Bogor karena RSPG Luar Biasaaaa…….

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur & Nurodin

Lelang Kendaraan

Posted in Pengumuman on Oct 24, 2018

.

Pendampingan penguatan menuju WBK tingkat Nasional di RSPG.

Posted in Berita on Oct 12, 2018

Pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2018  diadakan Pendampingan penguatan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi tingkat Nasional di RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua - Bogor.

Dalam sambutannya Direktur Utama RSPG (dr.Wuwuh Utami Ningtyas,M.Kes) mengemukakan bahwa segenap pimpinan dan managemen RSPG mendukung penuh program WBK dan WBBM dan berharap RSPG dapat lulus penilaian tahap akhir dari TPN. Harapan inipun disambut baik oleh Inspektur Investigasi ITJEN Kementerian Kesehatan RI (drg. Rarit Gempari, MARS,QIA) yang memberi arahan dan masukan untuk persiapan penguatan menuju Wilayah Bebas dari Korupsi tingkat Nasional di RSPG. 

Acara pendampingan ini dilanjutkan dengan desk pokja WBK dan WBBM berdasarkan hasil tindak lanjut dari LKE tim TPI yang lalu oleh Tim ITJEN Kemenkes RI yang diketuai oleh Bpk.Kadek Pandreadi, Sp.D,MM. Semoga RSPG dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan keada masyarakat salah satunya jika meraih predikat WBK nasional. 

 

Oleh : Intan mutia

Dokumentasi : Deni Nur

 

RSPG Kembali Berhasil Mengambil Jarum Pentul yang Tertelan

Posted in Berita on Oct 04, 2018

Pada Hari Rabu tanggal 3 Oktober 2018, Tim medis RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua - Bogor kembali berhasil mengambil jarum pentul yang tertelan oleh seorang anak yang berusia 12 tahun, jarum tersebut telah bersarang di cabang  bronkus selama 30 hari. Tim medis RSPG (dokter spesialis paru dan TIM OK ) menggunakan teknik bronskopskopi dilakukan dengan cara memasukkan alat  bronskopskopi ke mulut, terus masuk ke jalan jalur pernapasan, sampai ke bronkus.

Kasus seperti ini sudah beberapa kali berhasil ditangani oleh tim medis RSPG tanpa pembedahan, namun tetap menghimbau kepada seluruh msyarakat agar tetap waspda dan hati - hati jangan sampai kejadian serupa terulang. 

 

Oleh : Iwan Ridwanullah

Jadwal Dokter

Posted in statik on Oct 02, 2018

.

Serah Terima Jabatan Eselon IV di RSPG

Posted in Berita on Sep 10, 2018

Serah Terima Jabatan Eselon IV di lingkungan RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua - Bogor tanggal 30 Agustus 2018 di Ruang Rapat Administrasi Umum RSPG, disaksikan oleh Direktur Utama RSPG (dr.Wuwuh Utami Ningtyas,M.Kes).

Jabatan Kepala Seksi Penunjang Medik dari Bpk.Rudiana Sukmara,SKM,M.KKK kepada Bpk. Muhamad Arif Eka Wijayanto , Apt.

Selamat kepada pejabat baru dan terima kasih kepada pejabat lama, semoga dapat melaksanakan tugas dengan amanah dan dapat terus memajukan RSPG.

Dilanjutkan dengan acara pisah sambut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. R. Onny Quadriyanto, Sp.PD, FINASIM yang telah mengabdi di RSPG, terima kasih atas pengabdian, ilmu, serta kerjasamanya. Dan selamat datang kepada dr. Indri Sp.PD selamat bertugas di RSPG semoga kita semua dapat terus  meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur

RSPG salah satu RS Rujukan layanan kesehatan Asian Games XVIII/2018

Posted in Berita on Aug 27, 2018

Minggu 26 Agustus 2018, Kunjungan & visitasi Dirjen Yankes dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS. beserta rombongan ke RSPG Cisarua Bogor yg sekaligus meninjau langsung sarpras YanKes yg berada di venue CabOR paragliding Asian Games XVIII/2018, dmn RSPG merupakan salah satu RS Rujukan layanan kesehatan khususnya utk CabOR Paragliding tsb.

Oleh : Iwan Ridwanullah

Peringatan 73 Tahun Indonesia Merdeka di RSPG

Posted in Berita on Aug 20, 2018

Jumat, 17 Agustus 2018. Seluruh pegawai RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor mengadakan upacara memperingati 73 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara RSPG. Bendera telah dikibarkan oleh petugas pengibar bendera RSPG, upacara berlangsung khidmat dan dalam amanatnya Pembina Upacara Direktur Utama RSPG ,  dr. Wuwuh Utami Ningtyas,M.KES menyampaikan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-73. Hari dimana kita bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang. Tepat 73 tahun yang lalu, lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, yang terbentang di sepanjang khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17 ribu pulau, yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan cita-cita bersama serta Tema perayaan HUT ke-73 tahun kemerdekaan kali ini adalah "Kerja Kita Prestasi Bangsa". kata "Kerja" berarti adanya pergerakan / aktif. Kita semua sebagai warga negara yang baik dituntut untuk terus bekerja keras dalam membangun bangsa dan negara ini. Sebagai anak bangsa khususnya insan kesehatan kita mempunyai tugas untuk terus belajar dan, berjuang keras mengukir sebuah prestasi sehingga dapat berkontribusi bagi nusa dan bangsa.

Setelah Upacara selesai, dilanjutkan dengan Pencanangan Gerakan Rumah Sakit Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS) yang merupakan sebuah upaya sistematis untuk mewujudkan  rumah sakit hijau dan sehat di lingkungan RS Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor  melalui pendekatan aspek Kantor/ Rumah Sakit Ramah Lingkungan, Efisiensi Energi dan Air, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)  dan Pengelolaan Kearsipan.

Hal ini sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : HK.01.07/MENKES/153/2018 TENTANG GERAKAN KANTOR BERBUDAYA HIJAU DAN SEHAT DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN serta Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan No. HK.02.02/III/172/2018 tentang Petunjuk Teknis Gerakan Kantor Berbudaya,Hijau dan Sehat ( BERHIAS) di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pencanangan Gerakan Rumah Sakit Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS)dan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA) dengan penandatanganan komitmen bersama. Dilanjutkan pengumuman pegawai teladan RSPG serta simbolis pemotongan tumpeng kemerdekaan oleh Direktur Utama yang didampingi oleh Direksi, Pejabat Struktural, Ketua Komite Medik, Ketua Komite Keperawatan serta Ketua SPI RSPG.

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur dan Nurodin

Penerimaan Pegawai Kontrak RSPG

Posted in Pengumuman on Aug 09, 2018

.

Studi Banding Akreditasi SNARS ED-1 RS. Marzoeki Mahdi di RSPG

Posted in Berita on Aug 07, 2018

Kegiatan Studi Banding Akreditasi SNARS ED-1 RS. Marzoeki Mahdi  di RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Agustus 2018 di Gedung Administrasi RSPG. 

Direktur Utama RSPG (dr. Wuwuh Utami Ningtyas,M.KES,) Direktur Medik dan Keperawatan RSPG (dr. Ida Bagus Sila Wiweka Sp.P) serta Direktur Keuangan dan Administrasi Umum RSPG (Evi Nursafinah, SE,MPH ) beserta Ketua dan Tim Akreditasi RSPG menyambut kedatangan Direktur Utama serta Direktur Medik dan Keperawatan RS. Marzoeki Mahdi  beserta kerua dan  tim akreditasi RS. Marzoeki Mahdi.
Pada kegiatan ini Direktur Utama RSPG (dr. Wuwuh Utami Ningtyas,M.KES,) menyampaikan sambutannya serta paparan profil RSPG dipaparkan olehDirektur Medik dan Keperawatan RSPG (dr. Ida Bagus Sila Wiweka Sp.P) dilanjutkan pemaparan terkait Akreditasi SNARS ED-1 oleh ketua Tim Akrediatasi RSPG (dr. Alvin Kosasih,Sp.P) dilanjutkan dengan diskusi & telusur dokumen.

Acara ditutup oleh Direktur Keuangan dan Administrasi Umum RSPG (Evi Nursafinah, SE,MPH ) serta pertukaran cinderamata. 

Semoga dengan adanya kegiatan studi banding ke RSPG ini dapat mencapai tujuan dan manfaat yang baik untuk kelancaran Akreditasi SNARS ED-1 di RS. Marzoeki Mahdi, dengan  melihat gambaran lapangan dan fasilitas-fasilitas apa saja yang diperlukan untuk mengimplementasikan standar akreditasi tersebut.

 

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur