Artikel Kategori

RSPG di HKN ke 55

Posted in Berita on Nov 11, 2019

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke 55 pada tahun ini RSPG berpartisipasi dalam Pameran Pembangunan Kesehatan yang diadakan di ICE BSD Serpong pada tanggal 7 sampai dengan 9 Nopember 2019, yang diikuti juga juga oleh seluruh partisipan bidang kesehatan seluruh Indonesia serta dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI.
RSPG memberikan pemeriksaan untuk mengevaluasi fungsi paru dan mendiagnosis kondisi paru-paru dengan spirometri dan pemeriksaan kadar oksigen dalam tubuh dengan oxymetri secara gratis untuk pengunjung di stand RSPG ddan langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis paru RSPG. Tak lupa ada special performance dari tim calung RSPG yang ikut memeriahkan stand RSPG.
Terima kasih kepada dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes, dr. Engko Sosialine Magdalene, Apt., M. Biomed, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes serta direksi RS.Sitanala, RSKO, RS.Cicendo, RS. Rotinsulu, Keluarga besar Kementerian Kesehatan RI serta seluruh masyarakat yang telah mengunjungi stand RSPG.

 

Oleh : Intan Mutia

Pengumuman Lelang Oktober 2019

Posted in Pengumuman on Oct 23, 2019

.

Kongres Nasional ARSABAPI tahun 2019

Posted in Berita on Oct 02, 2019

Kongres Nasional Asosiasi Rumah Sakit dan Balai Kesehata Paru Indonesia (ARSABAPI) tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 28 September 2019 bertempat di Empire Palace Surabaya. Kegiatan ARSABAPI dihari pertama diawali oleh perlombaan senam asma, video penyuluhan dan kreasi seni. RSPG mengikuti lomba senam asma dan video penyuluhan kesehatan paru. Dihari kedua diadakan pembukaan Kongres Nasional oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekda II Jawa Timur, laporan ketua panitia (Direktur Utama RS. Paru Surabaya), sambutan Ketua Umum ARSABAPI dan sambutan ketua PERSI Jawa Timur. Dan diadakan seminar nasional dengan topic yang menarik seperti :

  • Strategi Baru penanganan TB RO oleh Dr.dr.Soedarsono Sp.P (K)
  • Pengembangan terapi asma dan PPOK oleh dr. Ratnawati,MCH,Sp.P(K),PhD
  • Pengembangan asuhan keperawatan dalam penanganan dan pengendalian TB di Jawa Timur oleh Misutarno, S.Kep,Ns.M.Kep
  • Balai Kesehatan Paru dalam upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat oleh dr. Yudhaputra Tristanto,M.Kes
  • Peran ormas dalam pemberantasan TB oleh Arumi Bachsin (Ketua penggerak PKK JawaTimur)
  • Peran serta masyarakat dalam eliminasi TB oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lamongan

Acara ditutup oleh tari kreasi dan pengumuman juara lomba, RSPG mendapatkan juara kedua video penyuluhan kesehatan paru. Semoga peran ARSABAPI untuk menekan dan mengeliminasi penyakit paru di Indonesia semakin besar dan meningkatkan angka kesembuhan penyakit paru di Indonesia.

video : https://www.youtube.com/watch?v=Wfo1bbyVXn4

 

Oleh : Intan Mutia

Pengumuman Lelang

Posted in Pengumuman on Sep 25, 2019

.

Capacity Building RSPG 2019

Posted in Berita on Sep 08, 2019

RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua - Bogor dalam rangka meningkatkan kualitas SDM mengadakan kegiatan Capacity Building di Yogyakarta yang diikuti oleh seluruh pegawai RSPG yang terbagi dalam 3 Gelombang :
Gelombang 1 tanggal 22 s.d 24 Agustus 2019
Gelombang 2 tanggal 29 s.d 31 Agustus 2019
Gelombang 3 tanggal 5 s.d 7 September 2019
Seluruh pegawai RSPG sangat antusias mengikuti kegiatan terbukti dengan adanya kerjasama yang baik seluruh pegawai dapat mengikuti kegiatan dengan baik dan mendapatkan bekal ilmu untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. 
Pada gelombang 3 Direktur Utama RSPG (dr.Wuwuh Utami Ningtyas,M.Kes)  dan Ketua Dewan Pengawas RSPG (Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt.M.Biomed) yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alkes, berkenan hadir. Dalam sambutannya menyampaikan agar komitmen mewujudkan  SDM yang great harus selalu menjadi tujuan setiap karyawan RSPG. 
Dan juga penyampaian materi oleh narasumber yang kompeten yaitu Bapak Rizqi,  Dalam materi  pemaparannya disampaikan bahwa katagori SDM yang berkualitas dibagi kedalam 3 katagori yaitu standar, good dan great. 
1. Kategori standar adalah SDM yang memenuhi kualifikasi, bekerja sesuai aturan dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 
2. Kategori good adalah SDM yang memenuhi katagori standar ditambah kemampuan memberikan ide-ide kreatif dan inovatif untuk pengembangan organisasi nya. 
3. Kategori great adalah SDM yang memenuhi katagori good ditambah dengan niatnya dalam bekerja untuk Tuhan yang Maha Kuasa.
Menjadi individu SDM dengan katagori kualitas standar dan good saja tidak cukup untuk menghadapi era yang dikenal dengan VUCA dan era induatr 4.0. Era tersebut membutuhkan SDM dengan kualitas great agar organisasi/perusahaan selalu menjadi yang terbaik dan selalu tidak tergoyahkan.
Organisasi/perusahaan yang bisa bertahan terus (survive) adalah organisasi yang SDMnya selalu berupaya beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan. Banyak organisasi/perusahaan yang tadinya menduduki puncak kesuksesan harus tenggelam dan bahkan mati, sebagai contoh perusahaan yang memproduksi HP Nokia, aplikasi BBM, dan lainnya. Berdasarkan hal tersebut RSPG selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM nya yang salah satunya melalui kegiatan capacity building.  Capacity Building Tahun 2019 ini mengambil tema "SDM Unggul: Responsif, Kreatif dan Inovatif.  Tujuan kegiatan tersebut diharapkan SDM RSPG dapat menyadari bahwa adaptasi terhadap perubahan adalah hal mutlak yang harus diikuti dan bagai mana cara agar menjadi individu unggul yang dapat menghadapi perubahan, karena 
RSPG Luar Biasa...
 
Oleh : Intan Mutia 

Pengumuman Lelang Bongkaran

Posted in Pengumuman on Aug 21, 2019

.

Lomba Menulis Artikel

Posted in Pengumuman on Jul 15, 2019

.

SOSIALISASI WBK dan WBBM

Posted in Berita on Jul 11, 2019

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik;

Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (Menuju WBK) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar:

  1. Manajemen perubahan,
  2. Penataan tatalaksana,
  3. Penataan sistem manajemen SDM,
  4. Penguatan pengawasan, dan
  5. Penguatan akuntabilitas kinerja

Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (Menuju WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar indikator Menuju WBK + indikator penguatan kualitas pelayanan publik;

Tahap Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

  • Adanya Deklarasi/ pernyataan dari pimpinan suatu instansi pemerintah bahwa instansinya telah siap membangun Zona Integritas
  • Pimpinan dan seluruh atau sebagian besar pegawainya telah menandatangani Dokumen Pakta Integritas.
  • Disaksikan KPK, Ombudsman RI, Unsur Masyarakat lainnya

SYARAT PENGAJUAN SATKER BERPREDIKAT WBK

  1. Pada level instansi pemerintah:
  1. Opini WTP dari BPK atas opini LK.
  2. Nilai AKIP minimal “CC”.
  1. Pada level unit kerja:
  1. Setingkat Es I sd Es III.
  2. Memiliki peran dan penyelenggaraan fungsi pelayanan strategis.
  3. Dianggap telah melaksanakan program-program reformasi birokrasi secara baik.
  4. Mengelola sumber daya yang cukup besar.

SYARAT PENGAJUAN SATKER BERPREDIKAT WBBM

  1. Pada level instansi pemerintah:
  1. Opini WTP dari BPK atas LK selama minimal 2 tahun berturut-turut.
  2. Nilai AKIP minimal “CC”.
  1. Pada level unit kerja:

            Sebelumnya telah mendapat predikat WBK.

LINGKUP KEGIATAN

  • Pemilihan satker yang akan diusulkan oleh Unit Utama
  • Sosialisasi
  • Pre Assessment
  • Pendampingan
  • Self Assessment oleh TPI Kemenkes
  • Penyampaian hasil self assessment kepada Menteri Kesehatan
  • Pengusulan satker untuk mendapatkan predikat menuju WBK dan WBBM dari Kemenkes ke Menpan & RB
  • Reviu oleh Tim Penilai Nasional (Menpan, KPK, Ombudsman RI)
  • Pemberian Penghargaan WBK:
  1. Menkes: sakter yang memenuhi indikator WBK/WBBM
  2. Menpan & RB: Satker yaang berpredikat WBK/WBBM

 

Oleh : Pokja Penguatan Pengawasan 

       

Jam Kunjungan Pasien

Posted in statik on Jul 01, 2019

.