Artikel Kategori

Studi Banding RS.Citama di RSPG

Posted in Berita on Apr 16, 2019

Kegiatan Studi Banding RS.Citama terkait Akreditasi SNARS edisi I di RS.Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor. Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 April 2019, bertempat di R.Rapat Administrasi Umum RSPG.
 
Acara ini dihadiri Direktur Medik dan Keperawatan RSPG (dr. Ida Bagus Sila Wiweka Sp.P) yang membuka dan memaparkan profil RSPG serta Direktur Keuangan dan Administrasi Umum RSPG (Achmad Nawir S.IP.MM ) beserta jajaran struktural RSPG , Ketua dan Anggota Tim Mutu dan Akreditasi RSPG. Sambutan dan perkenalan RS Citama disampaikan oleh Direktur RS.Citama (dr. Yohanes Febru Nainggolan, MARS) beserta Ketua dan tim Akreditasi RS.Citama.
 
Dilanjutkan dengan observasi dokumen dan lapangan serta sesi diskusi. Acara ditutup oleh Ketua Mutu dan Akreditasi RSPG (dr. Alvin Kosasih,Sp.P)
 
Semoga dengan adanya kegiatan studi banding ke RSPG ini dapat mencapai tujuan dan manfaat yang baik dengan melihat gambaran lapangan dan kelengkapan dokumen apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, melalui Akreditasi Rumah Sakit.
 
 
 
Oleh : Intan Mutia
 
Dokumentasi : Deni Nur

Rangkaian Acara TB Day - RSPG

Posted in Berita on Apr 01, 2019

Hari Tuberkulosis Sedunia jatuh pada tanggal 24 Maret 2019, RSPG Cisarua Bogor memperingati TB Day dengan Rangkaian acara dengan tema Is Time to End TB. Salah satunya Donor Darah yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2019 di Gedung Wijaya Kusuma. Acara donor darah ini bekerjasama dengan PPNI RSPG dan PMI Bogor.

Masih dalam tema TB day.. Rangkaian acara pada tanggal 28 Maret 2019 yaitu edukasi kesehatan paru dan pencegahan penyakit infeksius. Oleh Dokter Spesialis Paru RSPG (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P), Tim PPI, Tim Edukasi dan panitia TB Day yang diselenggarakan di SMA 1 Cisarua. 
Edukasi ini memperkenalkan pentingnya kesehatan paru dan pencegahan penyakit infeksius dengan etika batuk dan benar serta cara cuci tangan yang baik dan benar. 
Terima kasih kepada Ibu Kepala Sekolah beserta jajaran guru SMA 1 Cisarua yang telahh bekerjasama dalam penyelenggaraan edukasi kesehatan paru.

Rangkaian acara TB Day RSPG Cisarua ditutup dengan acara sarasehan ( silaturahim ) dengan pasien TB - MDR. Pada tanggal 29 Maret 2019, Dipandu oleh tim edukasi RSPG dan Dokter Spesialis Paru RSPG (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P) acara sarasehan ini dibuat senyaman mungkin untuk para peserta nyaman untuk saling berbagi, memotivasi diri dan peserta lain untuk kesembuhan dan menekan angka TB. 
Kita harus bersama melawan TB, ayo cegah, ayo sembuhkan, ayo berantas TB. Mulai dari diri sendiri serta lingkungan.

 

Oleh : Intan Mutia 

Dokumentasi : Deni Nur 

Dimulai dari RSPG, Pendekatan Baru untuk Menurunkan Insidensi/Prevalensi dan Rekurensi Empyema di Indonesia

Posted in Berita on Mar 29, 2019

Alhamdulillah diberikan kepercayaan dan kehormatan sebagai ahli bedah pertama di Indonesia yg menggunakan PVS (Powered Vascular stapler) dalam operasinya. Kalo saya tidak bekerja di RSPG, belum tentu saya diberikan kesempatan ini.
Empyema merupakan salah satu kasus yg insidensi dan prevalensinya tinggi di Indonesia. Apalagi di kita, empyema ini sering disertai kondisi paru yg sudah busuk penuh nanah. Di Indonesia, jarang dilakukan pneumonektomi karena tingkat kesulitan operasinya yg tinggi. Morbiditas pasca operasinya juga lumayan. Inilah yg menyebabkan angka rekurensi empyema pasca-dekortikasi atau torakoplasti juga cukup besar.
Waktu di Thailand, heran juga saya kenapa banyak pneumonektomi utk kasus Empyema. Menurut saya saat itu, ini berlebihan. Tapi setelah sering menerima kasus rekurensi atau kasus baru dgn kondisi paru yg betul2 sudah tidak bisa diperbaiki lagi, juga didukung oleh teknologi yg kita miliki, akhirnya pneumonektomi menjadi tindakan rutin yg bisa kita lakukan, di saat center2 lain justru mengindari kasus dan tindakan serupa. Sampai2 Kolega2 saya banyak yg takjub dan heran bagaimana saya melakukannya.
Masih perlu evaluasi lebih lanjut mengenai mid dan long-termnya, tapi setidaknya kita sudah mulai langkah dan pendekatan baru utk menurunkan insidensi/prevalensi dan rekurensi empyema di Indonesia. Dan itu semua dimulai di RSPG tercinta...
 
Oleh : dr. Saladdin, Sp.BTKV

Poliklinik Executive

Posted on Mar 13, 2019

.

Komposisi SDM

Posted on Mar 11, 2019

.