Berita

Kongres Nasional ARSABAPI tahun 2019

Posted in Berita on Oct 02, 2019

Kongres Nasional Asosiasi Rumah Sakit dan Balai Kesehata Paru Indonesia (ARSABAPI) tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 28 September 2019 bertempat di Empire Palace Surabaya. Kegiatan ARSABAPI dihari pertama diawali oleh perlombaan senam asma, video penyuluhan dan kreasi seni. RSPG mengikuti lomba senam asma dan video penyuluhan kesehatan paru. Dihari kedua diadakan pembukaan Kongres Nasional oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Sekda II Jawa Timur, laporan ketua panitia (Direktur Utama RS. Paru Surabaya), sambutan Ketua Umum ARSABAPI dan sambutan ketua PERSI Jawa Timur. Dan diadakan seminar nasional dengan topic yang menarik seperti :

  • Strategi Baru penanganan TB RO oleh Dr.dr.Soedarsono Sp.P (K)
  • Pengembangan terapi asma dan PPOK oleh dr. Ratnawati,MCH,Sp.P(K),PhD
  • Pengembangan asuhan keperawatan dalam penanganan dan pengendalian TB di Jawa Timur oleh Misutarno, S.Kep,Ns.M.Kep
  • Balai Kesehatan Paru dalam upaya kesehatan perseorangan dan upaya kesehatan masyarakat oleh dr. Yudhaputra Tristanto,M.Kes
  • Peran ormas dalam pemberantasan TB oleh Arumi Bachsin (Ketua penggerak PKK JawaTimur)
  • Peran serta masyarakat dalam eliminasi TB oleh Kepala Dinas Kesehatan Kab.Lamongan

Acara ditutup oleh tari kreasi dan pengumuman juara lomba, RSPG mendapatkan juara kedua video penyuluhan kesehatan paru. Semoga peran ARSABAPI untuk menekan dan mengeliminasi penyakit paru di Indonesia semakin besar dan meningkatkan angka kesembuhan penyakit paru di Indonesia.

video : https://www.youtube.com/watch?v=Wfo1bbyVXn4

 

Oleh : Intan Mutia