Berita

Peringatan 73 Tahun Indonesia Merdeka di RSPG

Posted in Berita on Aug 20, 2018

Jumat, 17 Agustus 2018. Seluruh pegawai RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor mengadakan upacara memperingati 73 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara RSPG. Bendera telah dikibarkan oleh petugas pengibar bendera RSPG, upacara berlangsung khidmat dan dalam amanatnya Pembina Upacara Direktur Utama RSPG ,  dr. Wuwuh Utami Ningtyas,M.KES menyampaikan perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-73. Hari dimana kita bercermin memandang sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang para pejuang yang telah membawa kita kepada keadaan sekarang. Tepat 73 tahun yang lalu, lagu kebangsaan menggetarkan pengibaran bendera pusaka di langit biru Ibu pertiwi, sebagai penanda lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Negara Kepulauan dengan jumlah penduduk terbesar ke-4 di dunia, yang terbentang di sepanjang khatulistiwa dengan keragaman etnis budaya, bahasa, flora dan fauna yang tersebar di 17 ribu pulau, yang dipersatukan oleh kesadaran mewujudkan cita-cita bersama serta Tema perayaan HUT ke-73 tahun kemerdekaan kali ini adalah "Kerja Kita Prestasi Bangsa". kata "Kerja" berarti adanya pergerakan / aktif. Kita semua sebagai warga negara yang baik dituntut untuk terus bekerja keras dalam membangun bangsa dan negara ini. Sebagai anak bangsa khususnya insan kesehatan kita mempunyai tugas untuk terus belajar dan, berjuang keras mengukir sebuah prestasi sehingga dapat berkontribusi bagi nusa dan bangsa.

Setelah Upacara selesai, dilanjutkan dengan Pencanangan Gerakan Rumah Sakit Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS) yang merupakan sebuah upaya sistematis untuk mewujudkan  rumah sakit hijau dan sehat di lingkungan RS Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua Bogor  melalui pendekatan aspek Kantor/ Rumah Sakit Ramah Lingkungan, Efisiensi Energi dan Air, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin)  dan Pengelolaan Kearsipan.

Hal ini sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR : HK.01.07/MENKES/153/2018 TENTANG GERAKAN KANTOR BERBUDAYA HIJAU DAN SEHAT DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KESEHATAN serta Keputusan Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan No. HK.02.02/III/172/2018 tentang Petunjuk Teknis Gerakan Kantor Berbudaya,Hijau dan Sehat ( BERHIAS) di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Pencanangan Gerakan Rumah Sakit Berbudaya Hijau dan Sehat (BERHIAS)dan Gerakan Nasional Sadar dan Tertib Arsip (GNSTA) dengan penandatanganan komitmen bersama. Dilanjutkan pengumuman pegawai teladan RSPG serta simbolis pemotongan tumpeng kemerdekaan oleh Direktur Utama yang didampingi oleh Direksi, Pejabat Struktural, Ketua Komite Medik, Ketua Komite Keperawatan serta Ketua SPI RSPG.

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur dan Nurodin