Berita

Rangkaian Acara Hari Jadi RSPG Ke 90 Tahun

Posted in Berita on Nov 19, 2018

Pada tanggal 15 November adalah tanggal berdirinya RS.Paru Dr.M.Goenawan Partowidigdo Cisarua – Bogor yang berawal dari Zending School kemudian pada tanggal 15 November 1938 menjadi Sanatorium vor Lunlojders dan diletakan batu pertama yang sekarang masih dirawat sebagai peninggalan sejarah awal dari RSPG.

Tak terasa kini, tanggal 15 November 2018, RSPG genap 90 tahun. Dengan banyaknya erubahan, prestasi, peningkatan mutu, kualitas pelayanan RSPG terus berupaya untuk memberikan yang terbaik untuk pelanggan RSPG maupun masyarakat Indonesia.

Pada tahun 2018 ini, RSPG mengadakan rangkaian hari jadi sebagai berikut :

  1. Lomba Ruang Berhias

Lomba ruang berhias ini merupakan salah satu wujud RSPG mendukung Program Kantor Berhias Kementerian Kesehatan RI, dimana setia ruangan di RSPG dihias dengan mengimplementasikan 5R serta tema HUT RSPG. Kreatifitas setiap ruangan sangat terlihat dengan banyaknya cara menghias dan dekorasi yang mempercantik ruangan.

  1. Pemeriksaan Kolesterol Gratis untuk pelanggan RSPG,

Pemeriksaan Kolesterol Gratis ini merupakan salah satu wujud apresiasi RSPG terhadap pelanggan RSPG yang mempercayakan dan menghunakan pelayanan RSPG. Kurang lebih 200 pelanggan RSPG turut serta, dan tim medis RSPG berperan aktif dalam memberikan konsultasi lanjutan jika hasil pemeriksaan kurang baik. Selanjutnya pelanggan RSPG-pun dapat berfoto di photo booth yang telah disiapkan oleh panitia.

  1. Lomba Jalan Sehat

Lomba jalan sehat ini diikuti oleh pegawai RSPG dibagi per group dengan kekompakan dan semangat, kerapihan barisan serta kreatifitas atribut maupun yel – yel. Karena RSPG berada di daerah pegunungan, diperjalanan rute jalan sehat, peserta loba dapat menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sehat.

  1. Edukasi Kesehatan Paru

Edukasi Kesehatan Paru ini diadakan di SMKN 1 Cisarua – Puncak, edukasi ini menargetkan para siswa siswi yang beranjak remaja untuk menjaga kesehatan paru. Acara meriah dan sisiwa siswi SMKN 1 Cisarua yang berjumlah 417 orang sangat antusias mendengar edukasi tentang penyakit TB-Paru, penyakit TB-HIV, Bahaya merokok yang dibawakan oleh dokter spesialis paru RSPG serta Cara cuci tangan yang baik dan benar, Etika batuk dan bersin oleh Tim PPI RSPG dan sosiliasasi pemeriksaan anti narkoba oleh Tim Pemasaran RSPG.

  1. Edukasi Program Pengendalian Resistensi Antimikroba

Dalam Pekan peduli antibiotik Edukasi PPRA ini juga merupakan rangkaian acara yang dilakukan di ruang tunggu instalasi farmasi, dimana para pelanggan RSPG dapat menunggu pengambilan obat sambil mendengarkan informasi seputar penggunaan antibiotik, yang disampaikan oleh dokter spesialis Mikrobilogi Klinik beserta Tim PPRA RSPG.

 

Pada tanggal 16 November 2018, siang harinya diadakan doa bersama dan lanjutan acara puncak Hari Jadi RSPG ke – 90 tahun di Gedung Wijaya Kusuma RSPG. Pada puncak acara, dihadiri oleh DEWAS RSPG, Para tamu undangan, Direktur Utama RSPG , direksi RSPG, pejabat struktural  serta seluruh pegawai RSPG. Dibuka oleh sambutan Direktur Utama RSPG (dr.Wuwuh Utami Ningtyas,M.Kes), sambutan DEWAS RSPG yang diwakili oleh (Drs. Seto Utarko,MSi ) , laporan Ketua Panitia (Roro Rokaidah S.Kep), pembacaan ayat suci Al-Quran dan doa bersama serta pemotongan tumpeng secara simbolik yang diserahkan kepada dr. Boedhi Sadjarwa AM,DSP yang merupakan direktur utama RSPG tahun 1990 – 2000.   

Acara dilanjutkan dengan pembacaan pemenang lomba – lomba serta penampilan seni tari dan penampilan dari komite medik RSPG. Acara semakin seru ketika tiba pembagian doorprise, dengan sepeda -  sepeda sebagai hadiah utama dan hadiah lainnya tidak kalah menariknya.

Rangkaian acara demi acara telah dilewati, semoga RSPG dapat terus maju dan semakin memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat serta para pegawai RSPG dapat terus mempertahankan rasa kekeluargaan dan rasa cinta terhadap RSPG Cisarua – Bogor karena RSPG Luar Biasaaaa…….

 

Oleh : Intan Mutia

Dokumentasi : Deni Nur & Nurodin