Berita

Mengawali Tahun Baru 2022 Gedung Baru RSPG Cisarua Bogor Diresmikan

Posted in Berita on Jan 27, 2022

Bogor (26/1), Peresmian gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), Gedung Multi Drug Resisten (MDR) Terpadu “Melati”, Gedung Laboratorium Diagnostik Terpadu dan Klinik Pratama Rawat Jalan / FKTP  “Bima”  RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor telah dilakukan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Bapak Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS pada hari Rabu tanggal 26 Januari 2022. Acara tersebut dipusatkan di halaman Gedung MDR Terpadu “Melati” RSPG Cisarua Bogor yang dihadiri oleh Pejabat RS Paru Vertikal, RS Vertikal di Bogor & Jakarta, Asosiasi Rumah Sakit dan Balai Kesehatan Paru Indonesia (ARSABAPI), Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Cabang Bogor, RSUD & RS wilayah Kab. Bogor dan Kab. Cianjur, Dinkes Kab. Bogor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Bogor, BPJS Kesehatan Kab. Bogor, Tripika Kab. Bogor, Puskesmas dan  mitra kerja, acara dilaksanakan mulai pukul 10.00 s.d. selesai dengan menerapkan protokol kesehatan.

Direktur Utama RSPG Cisarua Bogor (dr. Ida Bagus Sila Wiweka, Sp.P(K), MARS) menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Dirjen Yankes yang telah memberikan dukungan dan memfasilitasi terwujudnya gedung terpadu ini, merupakan salah satu wujud dari komitmen RSPG untuk terus  meningkatkan dan memfasilitasi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Pada kesempatan tersebut Dirut RSPG pun melaporkan bahwa gedung IGD, Gedung MDR Terpadu “Melati” dan Gedung Laboratorium Diagnostik Terpadu adalah sebagai upaya untuk melakukan zonasi pelayanan mulai dari IGD sampai dengan ruang perawatan infeksi dan non infeksi sehingga membuat keamanan dan keselamatan pada petugas, pengunjung dan pasien serta masyarakat, sedangkan pendirian Klinik Pratama Rawat Jalan /FKTP “Bima” adalah untuk pemanfaatan/optimalisasi BMN yang awalnya rumah dinas direktur utama. Dengan adanya fasilitas dan layanan gedung baru ini diharapkan akan lebih termotivasi dalam peningkatan kinerja dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Dalam sambutannya Dirjen Yankes menyampaikan arahan bahwa untuk kedepannya dalam hal melaksanakan pembangunan harus dibuat master plan dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi baik dari segi biaya, waktu, SDM dan keselamatan pasien. Selain itu pesan beliau bahwa RSPG sebagai UPT/RS vertikal khusus paru harus berperan besar dalam penanggulangan dan sebagai promotor pencegahan penyakit TB serta selalu mempersiapkan diri menerima lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.  Beliau juga mengucapkan selamat dan sukses dengan keberadaan gedung pelayanan yang baru ini.

Acara peresmian gedung pelayanan RS Paru Dr. M. Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua Bogor ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti ke 4 gedung oleh Dirjen Yankes dilanjutkan foto bersama, tinjauan gedung layanan dan ramah tamah yang kesemuanya dapat berjalan dengan lancar dan penuh hidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Oleh : Iwan Ridwanullah